Rabu, 04 Mei 2011

Program Pembelajaran Individual (PPI)


Seperti yang sudah dijelaskanbahwa Program pembelajaran individual
dirancang dan dilaksanakan pada peserta didik secara individual. 
Berikut ini tahapan-tahapan dalam membuat PPI.

1. Membuat deskripsi kasus
Guru membuat deskripsi mengenai kondisi peserta didik berkesulitan belajar, yang
berisi kemampuan peserta didik dalam akademik maupun non akademik serta
kesulitan peserta didik baik dalam pembelajaran yang berhubungan dengan
membaca, menulis, maupun berhitung.

2. Langkah-langkah penyusunan PPI
a.   Menentukan kemampuan siswa saat ini. Dalam hal ini perlu dilihat kelebihan
dan kekurangan anak dalam membaca, menulis, dan berhitung.
b.   Setelah itu menentukan tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang ingin
dicapai untuk anak tersebut.
c.   Memilih strategi dan       setting pembelajaran yang paling sesuai dengan
kelebihan-kekurangan anak dan tujuan yang ingin dicapai.
d.   Merinci langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan demi mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
e.   Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk anak agar dapat mencapai tujuan
jangka pendeknya.
f.   Menguraikan prosedur evaluasi sejalan dengan pencapaian tujuan. 














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar