Rabu, 04 Mei 2011

Pendekatan Perilaku


Menilik proses tahapan belajar membaca, pendekatan teori perilaku
memandang bahwa membaca merupakan bentuk kemampuan yang
kemampuan dan hambatannya tampak pada saat proses membacanya sendiri.
Ketidaklancaran membaca merupakan salah satu bentuk hambatan yang sering
tampak.

Model layanan pembelajaran yang ditawarkan oleh pendekatan pembelajaran
ini berupa kegiatan remediasi, seperti:
• Pembiasaan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat yang secara
bertahap taraf kesulitannya kian ditingkatkan
• Pengenalan huruf, suku kata, kata dan kalimat, terutama pada bagian di
mana anak kerap menunjukkan kesulitan.
• Rekomendasi :   Metode Bunyi untuk aktivitas membaca permulaan dan
Metode Linguistik untuk aktivitas membaca pemahaman 

a)    Metode Bunyi/Fonik 
Metode Membaca Permulaan dengan Pendekatan Perilaku
•     Prinsip
1.    Menamai huruf sesuai dengan “bunyi”-nya.
Misalnya:       Huruf “k” dibunyikan /ek/ atau /ke/.
          “g” dibunyikan /eg/ atau /ge/.
2.    Contoh Pelafalan


Kata kaki 
bukan

                                                                                           : ek - a - ek - i, 
                                                                                           : ka - a - ka – i
                              langkah-langkah                          1.    Anak diperintahkan menggunakan bunyi huruf saat mengeja
2.    Anak memanjangkan bunyi huruf tersebut saat akan menyambungkan dengan
bunyi huruf lain.
3.    Pengajaran dimulai dengan susunan huruf KV-KV lalu dilanjutkan dengan pola
huruf lain yang lebih rumit
4.    Anak dikenalkan dengan bunyi konsonan rangkap sebagai satu kesatuan bunyi.
Misalnya konsonan /ng/ dan /ny/ 
5.    Selain itu anak juga dikenalkan dengan bunyi diftong (vokal rangkap sebagai
sebagai satu kesatuan bunyi. Misalnya diftong /ai/, /au/, dan /oi/
(Kirk & Minskoff, dalam Lerner 2000)
Metode Linguistik
Metode Membaca Permulaan/Lanjut dengan Pendekatan Perilaku
•     Prinsip
1.    Anak dapat menyimpulkan sendiri pola hubungan antara simbol huruf dan
bunyi dari simbol huruf tersebut.
2.    Mengajarkan kata secara utuh
3.    Penekanan pada kemiripan bunyi
4.    Tidak memperhatikan makna kalimat
•     Langkah-langkah
1.    Berikan anak beberapa kata yang bermiripan
  Misal :        Anjing dan kucing
 Anjing dan kucing suka daging
 Anjing dan kucing berguling
2.    Tugaskan anak untuk membaca nyaring rangkaian kalimat tersebut 
3.    Ulangi sampai anak sadar kemiripian bunyi
4.    Biarkan anak mengulang kata/kalimat meski belum paham maknanya
 (Barnhart dalam Lerner, 2000)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar