Rabu, 04 Mei 2011

Laporan Penilaian



Laporan penilaian terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
a.   Laporan Kuantitatif
Berisi laporan mengenai penilaian hasil belajar peserta didik dalam bentuk
angka Penilaian kuantitatif menggunakan dua pendekatan penilaian, yaitu:
   Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Mengacu pada patokan standar ketuntasan belajar (prestasi siswa,
dibandingkan patokan yang sudah ditetapkan sebelumnya). Hasil dari
pendekatan penilaian ini adalah nilai prestasi individu peserta didik. 
   Penilaian Acuan Norma (PAN)
Mengacu pada nilai rata-rata kelas (prestasi seorang peserta didik
dibandingkan dengan semua peserta didik di kelasnya).
b.   Laporan Kualitatif
Berisi laporan mengenai penilaian hasil belajar peserta didik dalam bentuk
deskripsi atau uraian. Selain aspek kognitif, dalam laporan ini diuraikan pula
pengaruh aspek-aspek afektif dan psikomotor serta faktor-faktor eksternal
peserta didik terhadap proses dan hasil belajarnya.
Materi yang diuraikan dalam laporan kualitatif antara lain berupa:
(1) Uraian perkembangan yang menunjukkan keunggulan dan kelemahan
peserta didik pada aspek akademik maupun perilaku.
(2) Uraian mengenai perbandingan prestasi belajar seorang peserta didik
dengan peserta didik yang lain
(3) Menguraikan kendala yang terjadi, solusi, dan rekomendasi yang
ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar