Kehadiran pengasuh bayi atau lebih populer disebut baby sitter akan membantu para wanita carier dalam mengasuh bayinya selama ia bekerja, namun apakah semua tugas mengasuh bayi dapat diserahkan sepenuhnya kepada baby sitter? Kalau begitu perlu dicari baby sitter yang berkualitas.
Tips singkat dalam memilih baby sitter:
1. Cari referensi dari teman, kerabat atau famili dalam mencari agen penyalur baby sitter yang sudah mempunyai reputasi baik. Jika saudara atau teman merekomendasikan nama seorang pengasuh bayi dari agen yang sudah dikenal berkualitas, tak ada salahnya dipertimbangkan.
2. Carilah pengasuh bayi yang sudah berpengalaman dan punya pendidikan khusus merawat bayi dan anak. Ia harus paham pula ilmu keperawatan dan kejiwaan anak.
3. Lakukan wawancara singkat dengan dirinyauntuk mengetahui adakah kecocokan dari baby sitter yang anda inginkan.
4. Baby sitter haruslah orang yang bersih, sabar dan luwes mengasuh bayi. Untuk mengetahui hal ini biasanyabisa dilakukan dengan feeling atau referensi dari orang lain.
5. Sebaiknya beri waktu percobaan sebelum anda mempercayakan baby sitter untuk mengasuh bayi anda. Dan biasanya agen penyalur mengizinkan anda mengganti baby sitter selama batas waktu tertentu.
6. Pada saat masa percobaan perhatikanlahcara kerjanya, mulai dari caranya memberi susu, mengganti popok, memandikan dan memberi makan si bayi.
7. Minta data pribadi calon baby sitter dari agen penyalur seperti KTP, IJAZAH kursus pengasuh bayi. Jika perlu cek kebenaranya.
Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat…sekian trimakasih..