Selasa, 22 Oktober 2019

RABU WEKASAN

Malam ini rabu tanggal 23 Oktober  2019 M Bertepatan dengan tanggal 24 Safar 1441 H Kita Semua memasuki Hari yang dikenal dengan Istilah Rabu Pungkasan atau Rabu Kasan atau Rabu Wekasan

Rabu Wekasan adalah Rabu yang terakhir dibulan Safar sebelum Memasuki Bulan Maulid  atau bulan Rabbiul Awal.

Dihari itu Pula beliau Rasulullah Muhammad SAW pertama kali Jatuh Sakit , Selama 12 Hari berturut Turut sakitnya beliau dimulai pada Hari Rabu Terakhir Bulan Safar dan pada hari Ke-12 yaitu Hari Senin rabiul awwal Rasulullah Muhammad SAW Wafat.

Dihari itu Pula (Rabu Pungkasan) ALLAH Menurunkan ke Dunia yang dijelaskan dalam beberapa Kitab yaitu Sebanyak 360.000 Macam bala'/musibah baik kecil maupun Besar termasuk Apes dan
Berlaku untuk seluruh Mahluk di Langit dan Bumi.

Untuk Itu Para Ulama menyarakan Untuk melakukan Doa Bersama dan Bersedekah adapun Keutamaan Sedekah yaitu Mampu menolak bala'/musibah, Seperti Yang diriwayatkan Dalam Hadist,

Rasulullah Muhammad SAW Bersabda "Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah".

Sedekah boleh  dalam bentuk Apapun tidak harus dengan Uang atau Sesuatu.
Bisa dengan Bertasbih Bertahmid Bertahlil Menyingkirkan Batu/Duri/Sesuatu yang berbahaya dijalan dll. Namun Lebih Afdolnya dengan Sesuatu atau Uang.

Selain bersedekah berdoa sendirian atau berjamaah Memohon Kepada Allah agar kita dihindarkan dari BALA yang ALLAH turunkan.
Semoga Kita Semua Kaum Muslimin & Muslimat dibelahan Bumi manapun dapat terhindar dari BALA melalui Wasilah/Jalan Doa & Sedekah, Amin.

AMALAN RABU WEKASAN BULAN SHAFAR

Rabu wekasan atau Rabu pungkasan adalah hari Rabu terakhir bulan Shafar. Sebagian ulama ahli kasyf mengatakan bahwa pada hari itu diturunkan 360.000 macam bala’.
Karenanya kita disunahkan melaksanakan amalan sholat awwabin untuk tolak bala’ (hajat lidaf’il bala’).
Sholat dilaksanakan empat roka’at dua kali salam, dengan niat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ لِدَفْعِ الْبَلَاءِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلهِ تَعَالَى

atau niat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ لِدَفْعِ الْبَلَاءِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

1. Al Fatihah, kemudian membaca surat Al-Kautsar 17x
2. Al Fatihah surat Al-Ikhlash 5x
3. Al Fatihah kemudian surat Al-Falaq 1x
4. Al Fatihah surat An-Nas 1x

Selesai sholat membaca Do’a ini:


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللّٰهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَآ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ بِرَحْمَتِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللّٰهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيْ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Aamiin Aamiin Aamiin Yaa Rabbal'alamiin

Semoga kita semua dijauhkan dari Bala' Amin,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar