Senin, 21 Oktober 2019

Bunga Pacar Air

Bunga pacar air merupakan bunga yang mudah hidup dan mempunyai warna bunga yang bermacam-macam diantaranya ungu, merah muda, putih, pink, merah bintik putih dan warna-warna lain yang indah, bunga ini juga ada yang berjenis tumpuk seperti layaknya bunga mawar, pacar air ini cara penanamanya sangat mudah dan membutuhkan  air.
Pacar air juga dikenal dengan sebutan cimbong atau pacar banyu, dalam bahasa ilmiah dikenal dengan impatient balsamina,
Saat ini bunga pacar air tidak hanya sedap dipandang ketika ditanam di taman sebagai pemandangan saja tetapi sudah merambah sebagai penopang ekonomi keluarga, di daerah dusun dukuh klopo kecamatan peterongan jawa timur ada beberapa petani memanfaatkan lahan sawahnya untuk ditanami pacar air ini, kalau kita lewat di daerah yang terdapat persawahan kita akan melihat pada sisi jalan atau pada sebagian halaman dan pekarangan warga s terdapat tanaman pacar air bahkan konon tanaman bunga pacar air ini juga benar-benar di rawat dengan cara di beri  pupuk agar tanaman menjadi subur.
Bunga dari pacar air ini menurut para warga laku dijual dengan harga yang lumayan mahal, biasanya satu ember laku seharga  Rp 15.000 sampai Rp. 20.000 tetapi pada saat bunga ini telah berada ditangan para pengepul bunga pacar air ini bisa laku mencapai Rp. 100.000 per kg, bunga tersebut dipanen setiap hari rabu terutama menjelang kamis legi karena bunga pacar air ini banyak digunakan sebagai campuran untuk nyekar ke makam, terlebih menjelang bulan ramadhan bunga ini banyak dicari oleh para pengepul untuk dipasarkan.
Bunga pacar air ini bisa dipanen bunganya sekitar 35 hari setelah tanam cara memetiknya juga bisa setiap hari dan bisa bertahan sampai tiga bulan setelah itu pohonnya akan mati, untuk penanaman pacar air ini dengan cara pembibitan melalui biji yang telah tua lalu disemai, untuk hama biasanya ulat dan upik kepik yang menyerang.

1 komentar: